Senin, 03 Oktober 2011

Bagiku Ospek itu…



Manjadi mahasiswa baru aka MABA memang rumit. Gimana enggak? Karena mengalami masa peralihan dari zaman-zaman yang sukanya kongkow sama temen SMA ato grup sejoli tapi sekarang harus berpisah. Ngejalani hidup masing-masing. Menghadapi masa depan yang udah dipilih sendiri-sendiri. hiks :”(

Jujur banget aku mau masuk kuliah itu ribet. Begitu panjang aku menjalani banyak tes dan mencari yang sreg dengan minat akunya. Pokoknya perjalanan mencari universitas itu tidak mudah bener-bener sesuatu banget. Dan allhamdulillah yah..teteh sih ikhlas ajah #eh akhirnya aku dapetin kampus di kota Bandung yang insyallah yah cocok buat aku 4 tahun kedepan. Teh Syahrini subhanalloh yah bahasanya .

Dan seperti lumrahnya universitas di Indonesia semua pasti mengalami yang namanya ospek atau apalah namanya tuh yang pasti intinya masa orientasi maba.

Bagi aku semua masih bisa diatasi. Tugas-tugas yang diberikan yang lumayan banyak (bayangin dulu waktu pas puasa. *kebayang gak? *Kagak..auk ah elap)

Namanya juga murid baru ya dikerjain dulu awal-awal disuruh yang macem-macem untung aku cepet nyari channel kesana kemari…(klo kesana kemari membawa alamat……. jadi Ayu Ting Ting dong )

Hari pertama..aman. Cuma dengerin pidato.

Hari kedua. Agak-agak..

Rumah aku dari kampus tuh ya yang namanya jauh udah gak kebayang lagi. Mana jauh,macet, kampus masuk desa. Mana di anter naik motor, jadikan anginnya wuzz..wuzz.. gitu. Nyampe-nyampe rambut udah berkibar-kibar. Ceritanya yah waktu itu pas ospek mesti dikepang jadi itu kepang-an udah amburadul. Kalo kata pribahasa bagaikan air di daun talas. *HEH??

Baru datang udah disambut kakak senior baju biru.. “dek, lewat pintu belakang yah..”

Whattt?kak saya jujur masuk sini pake tes demituhann..*gubrak

Eh ternyata disuruh masuk pintu yang belakang ding. Sampe gerbang aku liat kakak-kakak senior (banyak banget sumpah) pake baju merah baris berderet di sisi-sisi jalan. “Buka jaket kamu…!”

Sontaklah ya aku kaget. Baru datang ngos-ngosan mana bawaan aku banyak gitu. Ribet bok.

“CEPATT..LELET BANGET KAMU..INI YANG NAMANYA MAHASISWA?GAK SALAH?”

Masih pagi buk..udah marah-marah. “sabarr dong..”gerutuku. cepet-cepet aku buka jaket jeansku trus masukin ke tas dengan asal-asalan. Aku liat temen yang baru datang juga, laki-laki 2 orang jalan. “Kenapa kalian jalan berdua? MAU JADI PENGANTIN??”

Aku senyum geli. Sempet-sempetnya nih ngelawak. Kembaran Sule ya.

Abis itu kami dikumpulin di lapangan basket. Saatnya eksekusi. Semua barang-barang yang ditugasin di suruh keluarin satu persatu. Temen-temen yang gak bawa mau gak mau berurusan sama setan merah(sebut saja ini). Yah disitu itu ya ada 3 kelompok. Pertama, kelompok baju merah yang garang-garang. Muka-mukanya dibuat sejutek mungkin terus ngejerit-jerit kayak orang koleps. Kebayang gak sih sahurnya pake apa sih kakak-kakak itu yah seharian gegerowokan gitu *ngitung gak sih aku nulis kebayang berapa biji.

Tapi gitu-gitu keren-keren loh cowo-cowonya pertama aku liat kayak bb bukan blackberry tapi boyband!! Kebayang gak sih…wajah udah cakep,badannya kekar terus muka di cool-in. apalagi ya.. yang jadi ketua setan merah gantengnya..morgan KW 1 kali hhahaaha

Kemudian kelompok yang kedua. Baju biru. Bagaikan malaikatnya. Beda banget dengan yang tadi tugas kakak-kakak baju biru jadi mentor gitu. Terus kalo ngomong lembut deh. Contohnya --> “hati-hati aja jalannya. pelan-pelan aja..”sambil senyum manis apalagi kalo kebagian senyum kakak yang ganteng.ALAMAK..

Bedakan dengan yang satu ini --> “CEPET DONG JALANNYA..MANJA.MASIH PAGI NIH..”teriak setan merah sambil pasang muka judes. Terus pas udah agak lari. “SIAPA SURUH LARI HAHH??” *arggghh..

Trus kelompok yang ketiga kelompok baju putih. Disini bukan serba putih kayak @poconggg yang terkenal ditwitter itu. Tapi ini bagaikan dewa penolong yah merekalah tim medic. Jadi bagi temen-temen yang sakit atau lemah jiwanya segera dapat pertolongan pertama.

Ohiya..ada satu yang aku inget kakak setan merah. Laki-laki gondrong tapi diiket rambutnya ngomong sama aku “kamu tau kamu salah apa?” aku diem melongo. “kamu ngerasa kertas yang kamu bawa beda gak sama yang lain?” “masa sih kak?”akhirnya aku jawab. Terus aku lebarin kertasnya. Terus aku sodorin kemukanya. “Sama ah..”pikirku sambil ngeliat kertas punya temen sekitar warnanya putih juga kok bentuk segienam. Terus si kakak gondrong itu diem nyadar kali kalo dia salah. “yang fokus makanya!”serunya sambil ngeloyor pergi.

Bingung aku ngeliatnya.

Padahal yah kertas aku itu cuma ngelipet dikit. Maklum. Bumi semakin panas. *emang ngaruh?

Dan pas hari ketiga,

Penderitaan memuncak hampir setiap segmen dimarahin terus. Gak tau salah apa asalkan di teriak-teriakin. Terus yang aku salut dari panitia setan merah ada yang pura-pura nampar anak orang padahal ya cuma tepuk tangan doang kayak acara ulang tahun gitu hihi. Anti kekerasan gan!

Di akhir acara pas penutupan mereka minta maaf terus si ketua setan merah di minta senyum sama anak-anak. Dan..taraaa..sudah kuduga dia Justin Bieber KW 19 hahaha jauh amat.

Sebenarnya cerita ospek diatas hanya segelintir kecilnya tapi sebenarnya banyak banget pengalaman berharga yang aku dapat. Mulai dari senang,sedih,bete, sampe mengerti arti kata ‘mahasiswa’ itu sendiri untuk tidak egois dan mencoba untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat pastinya. Juga meningkatkan rasa nasionalisme.

Pokoknya top banget…masa orientasi itu tak seburuk yang kalian duga kok. Karena itu baru tahap awal proses pencapaian cita-citamu :)








Bukti following dan update


2 komentar:

  1. sebenarnya ospek itu kegiatan yang positif, namun banyak yang disalah fungsikan.

    http://dinneno.wordpress.com/2011/09/21/ospek-kegiatan-positif-yang-disalah-fungsikan/

    BalasHapus
  2. ya bener mas..kita ambil sisi positifnya sja..

    BalasHapus

ditunggu komentar-komentarnya

Lomba blog Viva.co.id