Kamis, 27 September 2012

BISNIS ONLINE : JUAL MUDAH DENGAN MODAL MURAH

Dewasa ini kebanyakan orang lebih memilih membeli kebutuhan mereka dengan cara yang lebih simpel dan efisien, baik dalam hal waktu dan biaya. Dan seiring dengan perkembangan teknologi internet di tanah air  yang semakin pesat, kegiatan jual-beli yang dilakukan secara online pun kian marak bermunculan.
Saat ini memang bisnis online mulai menjamur dimana-mana. Banyak para pelaku bisnis yang mempromosikan dan memasarkan usahanya melalui internet.  Segala produk baik barang ataupun jasa yang ditawarkan melalui internet sudah dapat disebut sebagai bisnis online.
Kenapa memilih secara online? Jawabannya adalah sederhana, karena modal yang dibutuhkan jauh lebih kecil daripada usaha offline yang memerlukan tempat dan pekerja yang banyak. Disamping itu bisa menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas dan tak terbatas.
Bisnis online bisa bermacam-macam seperti butik online, gadget, makanan, produk rumah tangga, aksesoris dan pernak-pernik baik untuk pria maupun wanita. Bisnis online ini bisa dibilang mempunyai prospek yang bagus di masa depannya asalkan pengelolaannya dilakukan dengan baik. Usaha ini juga tak butuh modal besar karena tidak perlu menyimpan stok barang dagangan terlalu banyak. Jadi hanya melayani pelanggan yang memesan sesuai dengan apa yang ditawarkan dalam halaman situs, blog pribadi dan social media.  Social media yang sering digunakan biasanya BBM, Twitter, dan Facebook selain itu juga situs-situs besar yang banyak digandrungi seperti Kaskus, Toko Bagus dll. Tentunya dengan menawarkan barang yang berkualitas dan harga terjangkau.
Hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis online adalah foto. Jika penjual tidak menunjukkan bagaimana bentuk barang dagangannya tentu tidak akan ada orang yang berminat untuk membelinya . Oleh karena itu persiapkan foto-foto terbaik barang dagangan. Juga sertakan daftar harga barang yang akan dijual. Hal lain yang sangat penting adalah mencantumkan contact person. Setelah itu barulah terjadi transaksi, pembeli mengirimkan uang dengan cara di transfer pada nomor rekening tertentu kemudian penjual akan mengirimkan barang orderan lewat paket pos atau jasa kurir.
Hal lain yang sebaiknya diperhatikan sebagai pemilik bisnis online yaitu selalu meng-update diri terhadap yang mode yang sedang berkembang yang ada di media elektronik, media massa dll. Terus mengikuti permintaan pasar dengan cara menjual barang yang memang sedang ‘in’ di masyarakat , juga barang yang belum ‘in’ tapi diperkirakan bisa jadi trendsetter di masyarakat. Intinya menjual barang-barang yang memang sedang disukai konsumen saja. Ketika menjalankan bisnis apapun itu cobalah untuk tidak hanya menjual barang, tapi juga usahakan untuk menjual pengalaman seperti kemudahan dalam transaksi, desain web/blog yang menarik, atau juga karena adanya forum konsultasi yang disediakan.
Kunci dalam membangun bisnis online ini adalah kepercayaan. Kesesuaian deskripsi barang dengan barang yang dikirimkan harus sesuai. Jika tidak, akan membuat pelanggan kapok untuk membeli lagi. Faktor lain yang penting adalah keseriusan di dalam menekuni bisnis online. Dalam bisnis ini, walaupun antara penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung, pelayanan yang baik dan profesional akan menjadi penentu keberhasilan bisnis online. Selain itu jika bisnis online sudah mulai berjalan, perlu didukung oleh bisnis offline juga untuk kesuksesan kedepannya. Selain itu maraknya kejahatan di dunia maya seperti penipuan yang mengatasnamakan  bisnis online tertentu sebaiknya patut diwaspadai. Para konsumen harus lebih teliti dan berhati-hati dalam memesan barang secara online.


                               @bloggercomp
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ditunggu komentar-komentarnya

Lomba blog Viva.co.id