Kamis, 04 Februari 2010

Posting tentang Kesehatan


Pada bulan-bulan penghujan seperti ini banyak sekali mengundang penyakit. Apalagi disaat musim pancaroba, dimana kadang hujan lebat juga kadang panas terik. Gejala-gejala itu banyak menyebabkan sebagian orang terserang flu,batuk dan demam.
Sesuai pernyataan di atas,aku mau sedikit bercerita tentang pengalamanku disaat musim hujan kemaren. Disaat perjalanan sepulang sekolah. Hujan tiba-tiba turun rintik-rintik. Bayangkan hanya rintik-rintik tidak berarti apa-apa, bajuku pun tidak terlalu basah. Mana mungkin hanya gara-gara gerimis aku harus nginep di sekolah. Dengan memakai jasa ojek aku sampai di rumah dengan tampang menggenaskan soalnya si abang ojek mengendarai motornya ngebut banget tujuannya sih buat ngindarin hujan tapi toh percuma tetap basah, soalnya ojeknya tak menyediakan mantel hujan. Tiba-tiba kepalaku senut-senut. Pusing sekali rasanya. Gejala ini sering kurasakan jika air hujan mengguyur kepalaku.
Setelah menelisik dan menelusuri lebih jauh(beuh nih bahasa)dan mencari-cari bahan pembahasan dari opa google akhirnya aku menemukan jawabannya. Didasari cita-cita menjadi dokter(dari zaman tk) dan rasa penasaran yang mengebu-gebu (kayaknya berlebihan). Akhirnya aku menemukan jawabannya. Yiiipiee..

Mengapa banyak orang ketika hujan malah pada lari ?atau pada berteduh. Heran kan?aku juga heran(lugu) Mungkin dari zaman dulunya nenek moyang kita pada nyuruh anaknya gini ”nak..awas.. ada ujan...bentuknya cair, warnanya bening, terus pada jatuhan dari langit sakit loh kalo kena kepala. Trus nanti kamu bisa dapat kutukan nak. Bisa kena penyakit meler” (GUBRAK)
Orang-orang berkeyakinan bahwa air hujan dapat membuat badan kita sakit. Air hujan sebetulnya mengandung zat kimia potensial, zat itulah yang
bisa mempengaruhi suhu tubuh kita. Jika suhu tubuh kita kedinginan berarti akan berpotensi sakit demam panas. Namun sebaliknya, jika suhu tubuh kita hangat berarti akan berpotensi sehat (tidak akan terjadi apa-apa).

Lantas apa yang bisa membuat suhu tubuh kita tetap dalam keadaan sehat setelah basah kuyup karena kehujanan atau cuma terkena gerimis ?
Tips yang bisa kita dilakukan :
1. Mandilah sehabis sampai di rumah.
Tips ini dijamin tokcer dan mutakhir. Tips ini sudah pernah dicoba oleh beberapa orang penting seperti nenekku, mamaku, tetangga depan rumahku, temen sebangkuku,Pak RT dan Pak Lurah sebelah juga sudah mencobanya. Jadi selamat mencoba. Jangan lupa rambut harus disiram agar air hujan yang menempel di kepala hilang sehingga tidak pusing-pusing lagi.

2. Kemudian minumlah segelas air susu yang bisa menyehatkan jika diperlukan dan jika ada. Ini akan,membuat suhu tubuh tetap hangat.

3. Makan yang hangat-hangat (yang ini aku nambahin sendiri.hhehe)
Gunanya ya buat menghangatkan dan memanjakan tubuh saja. Apalagi makan mie rebus, makan tekwan,bakso, gorengan, kemudian tidur. Itu sangat menyenangkan.(terserah mau dicoba apa tidak yang ini)

2 komentar:

ditunggu komentar-komentarnya

Lomba blog Viva.co.id